Transparency International Indonesia merupakan sebuah lembaga non-profit, non-pemerintah dan independen yang berdiri sejak tahun 2000. Sebagai salah satu bagian dari organisasi Transparency International yang berpusat di Berlin, Jerman dengan sebaran mencapai 120 negara menjadi sebuah gerakan bersama dalam skala global yang mempromosikan transparansi dan akuntabilitas kepada lembaga-lembaga negara, partai politik, bisnis, dan masyarakat sipil. Transparency International Indonesia (TII) terus mengembangkan sumber dayanya untuk dapat menjawab tantangan isu antikorupsi dan system integritas di Indonesia.
Deskripsi Kerja:
PENGEMBANGAN PROGRAM
- Inisiasi ide atau diskusi dengan tim sehingga menemukan ide untuk campaign
- Mencari supporting data sebagai quantitative information untuk campaign
- Membuat creative brief
- Melakukan produksi aset (video, photoshoot, desain) bila diperlukan (kolaborasi produksi)
- Meninjau dan melakukan finalisasi untuk creative asset
- Eksekusi produk kampanye, sambil berperan memonitor dan mengevaluasi produk kampanye yang dirilis.
- Membuat laporan Analisa kerja kampanye yang telah dilakukan
PELAKSANAAN PROGRAM
- Ikut dalam penyusunan perencanaan untuk pelaksanaan program kampanye (workplan)
- Mengkomunikasikan konsep dan rencana program campaign kepada pihak terkait
- Bersama dengan Program manager menjalankan program campaign sesuai rencana
- Melaksanakan program campaign secara administrative dan keuangan sesuai aturan
- Menjalankan program campaign sesuai dengan Prosedur Operasional (SOP) TI Indonesia yang berlaku
PENGEMBANGAN JARINGAN & ADVOKASI
- Menjalin komunikasi dengan mitra di dalam dan luar negeri
- Membangun dan memelihara hubungan kerjasama yang harmonis dengan lembaga pemerintah, donor, partai politik, NGO/CSO, media massa, dan pihak terkait lainnya
- Mendorong jaringan dalam memperkuat kerja-kerja advokasi TI Indonesia
- Mengembangkan kapasitas jaringan dalam mendukung kerja-kerja advokasi TI Indonesia
INTERNAL
- Membuat rencana dan mengevaluasi kerja harian dan bulanan untuk memastikan tercapainya kualitas target kerja yang dipersyaratkan dan sebagai bahan informasi kepada Manager Program terkait
- Mengikuti rapat rutin dengan anggota divisi dan antar-divisi program lainnya untuk menggagas pemikiran pelaksanaan program/proyek campaign dengan baik
- Memimpin rapat pelaksanaan program campaign yang menjadi tanggung-jawabnya
- Berkomunikasi dengan Manager Program, PO lain, KM Officer dan Manajer Keuangan/Finance Officer untuk menyelaraskan pengelolaan program, pengelolaan pengetahuan dan keuangan program
- Membuat laporan kegiatan sesuai dengan SOP Manajemen Program
Persyaratan:
- Latar belakang pendidikan diutamakan Komunikasi, Hubungan International (jurusan lain tetap dibuka peluang untuk mendaftar)
- Memiliki pengalaman kerja antara 1 – 2 tahun
- Pernah memimpin atau berpartisipasi dalam mengelola program campaign
- Memiliki kemampuan networking/influencing yang baik
Informasi Pendaftaran:
Calon campaign officer dapat mengirimkan CV dan portofolio yang relevan ke surel hsetiamanah@transparansi.id dengan ditembuskan (CC) ke surel nafni@transparansi.id dengan subjek [Nama_Campaign Officer] maksimal pada 15 April 2022. Pengumuman peserta lolos seleksi administratif pada tanggal 19 April 2022.
Proses seleksi dan wawancara akan dimulai pada 21-22 April 2022, dan keputusan staff terpilih akan ditetapkan pada 26 April 2022.
Pertanyaan dapat diajukan melalui surel nafni@transparansi.id, dan akan direspon secepatnya dalam waktu kerja.