Transparency International Indonesia merupakan sebuah lembaga non-profit, non-pemerintah dan independen yang berdiri sejak tahun 2000. Sebagai salah satu bagian dari organisasi Transparency International yang berpusat di Berlin, Jerman dengan sebaran mencapai 120 negara menjadi sebuah gerakan bersama dalam skala global yang mempromosikan transparansi dan akuntabilitas kepada lembaga-lembaga negara, partai politik, bisnis, dan masyarakat sipil. Transparency International Indonesia (TII) terus mengembangkan sumber dayanya untuk dapat menjawab tantangan isu antikorupsi dan system integritas di Indonesia.
Deskripsi Kerja:
- PENGEMBANGAN PROGRAM
Inisiasi ide atau diskusi dengan tim sehingga menemukan ide untuk campaign
Mencari supporting data sebagai quantitative information untuk campaign
Membuat creative brief
Melakukan produksi aset (video, photoshoot, desain) bila diperlukan (kolaborasi produksi)
Meninjau dan melakukan finalisasi untuk creative aset
Eksekusi produk kampanye, sambil berperan memonitor dan mengevaluasi produk campaign yang dirilis.
Membuat laporan Analisa kerja campaign yang telah dilakukan - PELAKSANAAN PROGRAM
Ikut dalam penyusunan perencanaan untuk pelaksanaan program campaign (workplan)
Mengkomunikasikan konsep dan rencana program campaign kepada pihak stakeholder
Bersama dengan Program manager menjalankan program campaign sesuai rencana
Melaksanakan program campaign secara administrative dan keuangan sesuai aturan
Menjalankan program campaign sesuai dengan Prosedur Operasional (SOP) TI-Indonesia yang berlaku - PENGEMBANGAN JARINGAN & ADVOKASI
Menjalin komunikasi dengan mitra di dalam dan luar negeri
Membangun dan memelihara hubungan kerjasama yang harmonis dengan lembaga pemerintah, donor, partai politik, NGO/CSO, media massa, dan pihak terkait lainnya
Mendorong jaringan dalam memperkuat kerja-kerja advokasi TI-Indonesia
Mengembangkan kapasitas jaringan dalam mendukung kerja-kerja advokasi TI-Indonesia - INTERNAL
Membuat rencana dan mengevaluasi kerja harian dan bulanan untuk memastikan tercapainya kualitas target kerja yang dipersyaratkan dan sebagai bahan informasi kepada Manager Program terkait
Mengikuti rapat rutin dengan anggota divisi dan antar-divisi program lainnya untuk menggagas pemikiran pelaksanaan program/proyek campaign dengan baik
Memimpin rapat pelaksanaan program campaign yang menjadi tanggung-jawabnya
Berkomunikasi dengan Manager Program, PO lain, KM Officer dan Manajer Keuangan/Finance Officer untuk menyelaraskan pengelolaan program, pengelolaan pengetahuan dan keuangan program
Membuat laporan kegiatan sesuai dengan SOP Manajemen Program
Persyaratan:
- Latar belakang pendidikan diutamakan Komunikasi, Hubungan International (jurusan lain tetap dibuka peluang untuk mendaftar)
- Memiliki pengalaman kerja antara 1 – 2 tahun
- Pernah memimpin atau berpartisipasi dalam mengelola program campaign
- Memiliki kemampuan networking/influencing yang baik
Informasi Pendaftaran:
Calon program officer dapat mengirimkan CV dan portofolio yang relevan ke surel hsetiamanah@transparansi.id dengan ditembuskan (CC) ke surel nafni@transparansi.id dengan subjek [Nama_Program Officer] maksimal pada 26 Mei 2022.
Proses seleksi dan wawancara akan dimulai pada 1-2 June 2022, dan keputusan staff terpilih akan ditetapkan pada 3 Juni 2022.
Pertanyaan dapat diajukan melalui surel nafni@transparansi.id, dan akan direspon secepatnya dalam waktu kerja.