Latar Belakang
Transparency International Indonesia (TI Indonesia) sebagai bagian dari chapter Transparency International berkomitmen pada kerja-kerja yang mendorong transparansi dan akuntabilitas kepada lembaga-lembaga negara, partai politik, bisnis dan masyarakat sipil. TI Indonesia memadukan kerja think-tank dan gerakan sosial. Dalam gerakan sosial, TI Indonesia aktif terlibat dalam berbagai koalisi dan inisiatif gerakan antikorupsi di Indonesia, serta melakukan pendekatan kampanye kreatif sebagai cara melawan korupsi.
Kampanye adalah alat bagi Transparency International Indonesia dalam upayanya untuk memerangi korupsi dan membangun masyarakat yang lebih transparan dan akuntabel. Kampanye sering bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik tentang isu-isu tertentu atau untuk mempromosikan pesan tertentu. Kampanye membantu membentuk opini publik, mempengaruhi kebijakan, dan memberikan suara bagi mereka yang terkena dampak korupsi. Pada dasarnya Campaign Officer memiliki peran dalam mengelola sumber daya, termasuk anggaran, personil, dan teknologi, yang dapat membantu kampanye berjalan lebih efisien dan efektif.Campaign Officer memainkan peran dalam mendorong perubahan positif dan memengaruhi hasil yang diinginkan TI-Indonesia.
Isu-isu baru yang muncul di masyarakat atau perubahan dalam kebijakan pemerintah menjadi pertimbangan TI-Indonesia untuk merespons dengan kampanye yang ditargetkan, memerlukan perekrutan Campaign Officer untuk mengkoordinasikan upaya tersebut.
Kualifikasi:
- Memiliki pengalaman kerja antara 1-2 tahun
- Pernah memimpin atau berpartisipasi dalam mengelola program campaign
- Pernah terlibat dalam kerja kolaborasi dan koalisi
- Memiliki kemampuan networking/influencing yang baik
Deskripsi Pekerjaan:
Pengembangan Program
- Inisiasi ide atau diskusi dengan tim sehingga menemukan ide untuk campaign
- Melakukan desk research untuk mendapatkan data sebagai quantitative information untuk campaign
- Membuat content brief untuk konten sosial media
- Membuat content calendar sebagai acuan kampanye digital
- Meninjau dan melakukan finalisasi untuk creative asset
- Eksekusi produk kampanye, memonitor dan mengevaluasi produk kampanye yang dirilis
- Membuat laporan analisa kerja kampanye yang telah dilakukan
Pelaksanaan Program
- Ikut dalam penyusunan perencanaan pelaksanaan program kampanye
- Mengkomunikasikan konsep dan rencana program campaign kepada pihak terkait
- Bersama dengan team program menjalankan program campaign sesuai rencana
- Melaksanakan program campaign secara administrative dan keuangan sesuai aturan
- Menjalankan program campaign sesuai dengan Prosedur Operasional (SOP) TI Indonesia yang berlaku
Pengembangan Jaringan & Advokasi
- Menjalin komunikasi dengan mitra, organisasi masyarakat sipil lainnya dan pihak eksternal
- Mendorong jaringan dalam memperkuat kerja-kerja advokasi TI Indonesia
- Mengembangkan kapasitas jaringan dalam mendukung kerja-kerja advokasi TI Indonesia
Internal
- Mengikuti rapat rutin dengan anggota divisi dan antar divisi program lainnya untuk menggagas pemikiran pelaksanaan program/proyek campaign yang baik
- Berkomunikasi dengan Manager Program, Program Officer lainnya, KM Officer dan Manager Keuangan/Finance Officer untuk menyelaraskan pengelolaan program, pengelolaan pengetahuan dan keuangan program
Periode Waktu Kerja
- Durasi kerja selama 4 bulan pada periode 2 Oktober 2023 – 2 Februari 2024
Informasi Pendaftaran:
- Mengirimkan curriculum vitae (CV) terbaru ke dsari@transparansi.id paling lambat 23 September 2023.
- Proses seleksi dan wawancara pada tanggal 27-29 September 2023.
- Pengumuman kandidat terpilih pada 2 Oktober 2023
- Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sdri. Dzatmiati Sari/ dsari@transparansi.id
Note:
- Keputusan atas hasil rekrutmen bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat;
- Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi lebih lanjut.